Thursday, August 8, 2019

doa qunut doa sholat dhuha doa iftitah ceramah singkat sholat tahajud doa setelah sholat khutbah jumat lengkap doa setelah adzan doa untuk orang sakit bacaan doa buka puasa doa selamat doa setelah sholat dhuha doa mandi wajib doa setelah sholat doa masuk kamar mandi doa masuk masjid doa akhir tahun doa bangun tidur doa untuk orang tua doa naik kendaraan sholat hajat doa nurbuat shalat istikharah doa sebelum tidur doa bercermin doa setelah sholat tahajud doa sebelum belajar doa pagi hari doa ziarah kubur doa setelah wudhu doa keluar rumah doa pernikahan doa untuk orang meninggal doa tahlil khutbah jumat lengkap doa witir doa untuk yang baru menikah tata cara sholat jenazah doa masuk rumah doa belajar doa turun hujan doa minum air zam zam niat zakat fitrah doa nabi yunus khutbah jumat menyentuh hati doa wudhu doa untuk pengantin ceramah lucu doa ulang tahun kumpulan ceramah agama islam doa makan doa penutup majelis ayah kukirimkan doa teks ceramah agama shalat istikharah doa sholat khutbah jumat terbaru 2018 niat puasa teks ceramah islam doa sebelum makan doa ketika hujan ceramah agama islam singkat doa kamilin bacaan tahiyat akhir doa nabi sulaiman doa bersetubuh lagu cinta dalam doa doa khatam quran doa sholat tarawih doa malaikat tuhan ceramah uas doa sehari hari bacaan sholat doa tolak bala kumpulan doa doa nabi musa doa untuk anak doa sapu jagat khutbah jumat pdf doa ramadhan ceramah singkat 5 menit

Inilah tata cara dan doa mandi wajib bagi pria dan wanita jika sedang junub


izzulislam - Mandi wajib atau judub tidak sama seperti mandi pada umumnya. Ada syarat dan tata cara khusus yang harus dilakukan saat melakukan mandi wajib.

Syarat orang melakukan mandi wajib baik laki-laki maupun wanita sama saja. Yaitu memiliki hadas besar.

Untuk laki-laki mandi wajib dilakukan saat keluarnya air mani dari kemaluan, dan bertemunya 2 kelamin wanita dan pria meski tidak sampai keluar air mani.
doa mandi wajib dan tata caranya

Untuk wanita mandi wajib ini dilakukan sebulan sekali jika mengalami siklus bulanan atau haid, setelah melahirkan atau nifas.

Tata cara mandi wajib bagi pria dan wanita

Berikut tata cara melaksanakan mandi wajib apabila syarat di atas terpenuhi

1. Mandi wajib diawali dengan niat


- Doa niat mandi wajib setelah bersyahwat

"Bismillahirahmanirahmim nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta'ala."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala."
Jika hadas besar pada perempuan disebabkan karena keluarnya darah dari organ intim setelah melahirkan atau nifas, maka niat mandi wajib yang harus dibaca adalah sebagai berikut:

- Doa niat mandi wajib bagi wanita setelah haid dan nifas

"Bismillahirahmanirahim nawaitu ghusla ghusla liraf'il hadatsil akbar minan nifasi fardlon lillahi ta'ala."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta'ala."

2. Pelaksanaan cara mandi wajib untuk laki-laki

Bagi laki-laki intinya adalah menyiram air ke seluruh tubuh. Semua anggota tubuh harus basah. Mulai dari ujung rambut sampai sela-sela kaki.

Silahkan baca kitab Safinatun Najah, Syekh Salim bin Sumair Al Hadlrami untuk penjelasannya yang lebih detail.

Tata caranya sebagai berikut :

  1. Di dalam kamar mandi ambil air lalu basuh tangan sebanyak 3 kali
  2. Membersihkan najis dan kotoran di tubuh
  3. Berwudhu
  4. Mengguyur kepala sampai air mengenai ke sela-sela rambut sambil mengucapkan niat
  5. Siram anggota badan bagian kanan sebanyak 3 kali
  6. Siram anggota badan bagian kiri sebanyak 3 kali
  7. Gosok seluruh bagian tubuh depan maupun belakang, usap rambut dan jenggot kalau ada.
  8. Selesai
  9. Anda sekarang bersih, dan bisa melakukan shalat.
  10. Namun jika anda menyentuh kemaluan baik sengaja atau tidak maka diwajibkan untuk berwudhu kembali.

3. Tata cara mandi wajib bagi perempuan


Sama seperti laki-laki. Namun bedanya hanya perempuan bisa tidak membasahi seluruh bagian rambutnya. Anda bisa mengikat/menggulung rambut saat melakukan mandi wajib.

Cukup dengan menyela-nyela air di ujung kepala sebanyak 3 kali.

Seperti yang dijelaskan dalam hadis dari Ummu Salamah, beliau bertanya:

“Wahai Rasulullah, aku seorang perempuan yang gelungan rambutnya besar. Apakah aku harus membuka gelungan rambutku ketika mandi junub?”
Beliau menjawab: “Jangan (kamu buka). Cukuplah kamu menyela-nyelai kepalamu dengan air tiga kali, kemudian guyurlah kepala dan badanmu dengan air, sehingga kamu telah suci.” (HR. Muslim no. 330).

Akhir kata

Demikian tata cara untuk mandi junub yang dapat dilakukan. Melakukannya dengan benar, maka akan membersihkan diri dari hadas besar. Ibadah yang dilakukan juga dapat diterima oleh Allah SWT.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan ke sosial media anda dan save juga di pinterest anda.
doa-niat-tata-cara-mandi-wajib-pria-wanita-setelah-berhubungan

This post have 0 comments


Next article Next Post
Previous article Previous Post