web site hit counter

Monday, July 1, 2019

Tuntunan dan bacaan doa shalat dhuha

izzulislam - Ada satu amalan di pagi hari yang dianjurkan oleh rasulullah. Amalan ini merupakan ibadah shalat sunnah yang biasa dikenal dengan nama shalat dhuha.

Rasulullah bersabda:

َمَنْ صَلَّى الضُّحٰى اِثْنَتٰى عَشَرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللهُ لَهُ قَصْرًا فِى الْجَنَّةِ
Artinya:

“Barang siapa yang melakukan sholat Dhuha dua belas rakaat, Allah akan membuatkan baginya istana di surga” (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah).
shalat-dhuha-pagi-hari-supaya-rejeki-lancar

Tidak sedikit orang yang melaksanakan shalat sunnah duha mengatakan bahwa rejekinya terasa lebih lancar hari itu.

Keutamaan dan manfaat shalat dhuha

Muslim yang melaksanakan shalat dhuha insya allah akan mendapatkan banyak pahala. Beberapa manfaat shalat dhuha seperti dilapangkan rejeki.

Makanya tidak sedikit orang yang sudah paham tentang hal ini melakukan shalat dhuha pada pagi hari sebelum memulai aktivitasnya.

Kalau anda masih menempuh pendidikan di bangku sekolah atau kuliah, dengan melaksanakan shalat sunnah ini mintalah untuk diberikan rizki, dibukakan kecerdasan dan pemahaman terhadap pelajaran.

Untuk itu sangat dianjurkan untuk membaca surah-surah yang terdapat dalam alquran yang bisa mendatangkan rizki.

Surah-surah yang sebaiknya dibaca pada saat melaksanakan shalat duha seperti

  • surah ad-dhuha
  • surah al-waqi'ah
  • surah quraisy
  • surah al-kafirun
  • surah asy-syams
  • surah al-ikhlas

Waktu shalat dhuha

Supaya lebih afdhol, lakukan shalat dhuha pada waktu-waktu mustajab.

Shalat dhuha dilakukan pada waktu matahari sudah terbit dan diakhiri sebelum shalat dhuhur. Atau di indonesia dilakukan sebelum jam 12 siang.

Waktu dhuha terbaik adalah dilakukan pada menjelang waktu dhuhur. Saat matahari sudah terasa panas.

Berapa rakaat shalat dhuha

Melaksanakan shalat dhuha itu sama seperti cara melaksanakan shalat sunnah 2 rakaat pada umumnya.

Untuk mengerjakan shalat dhuha kita bisa memulai dengan 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Doa shalat dhuha supaya rejeki lancar

Setelah melaksanakan shalat dhuha, jangan langsung beranjak dulu. Lakukan beberapa amalan seperti bersholawat kepada nabi saw. Karena hal ini dapat menjadi safaat di hari akhir kelak.

Doa berikut sebaiknya dibaca setelah melaksanakan shalat dhuha. Ini merupakan hal yang disunnahkan. Meskipun sebenarnya anda boleh membaca dan meminta doa apa saja.

Berikut doa shalat dhuha

Bacaan doa shalat dhuha dalam bahasa arab

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Lafaz doa shalat dhuha dalam tulisan Indonesia

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadakash shalihin.

Terjemahan doa sholat dhuha dalam bahasa indonesia

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Akhir kata

Inti dari shalat dhuha adalah bagaimana kita semakin mendekatkan diri kepada allah swt.

Amalan shalat dhuha dapat menjadi salah satu dari sekian banyak amalan yang dapat membuka rejeki setiap hamba yang mengerjakannya dengan ikhlas.

Namun perlu diingat lagi bahwa rizki yang didapatkan bukan hanya dalam bentuk materi seperti uang yang banyak tetapi juga kesehatan, terhindar dari bahaya, kelancaran dalam aktivitas, dan berbagai hal lainnya.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke sosial media dan save juga di Pinterest anda.

doa-shalat-dhuha-rejeki-lancar-pagi-hari

This post have 0 comments


Next article Next Post
Previous article Previous Post