web site hit counter

Tuesday, July 2, 2019

Tuntunan membaca doa iftitah dalam shalat

izzulislam - Dalam melaksanakan shalat baik shalat fardhu maupun shalat sunnah. Ada doa yang dibaca sebelum kita membaca surah Al-fatihah pada rakaat pertama saja.

Bacaan tersebut disebut doa iftitah.

Doa iftitah merupakan doa yang dipanjatkan kepada Allah swt yang isinya mengandung banyak harapan. Intinya agar shalat kita diterima, dan di situ bukti serah diri kita sebagai hamba yang bertakwa.
membaca-doa-iftitah-dalam-shalat-fardhu-sunnah-pendek

Mungkin anda sering mendengar bacaan doa iftitah yang berbeda-beda.

Yap, memang benar, doa iftitah ini banyak macamnya. Ada yang panjang, ada juga yang pendek. Tidak ada yang salah dengan doa yang panjang, maupun pendek.

Anda bisa memilih mau baca yang mana, asal bacanya harus benar saja.

Nah, berikut adalah bacaan doa iftitah yang umum dibaca dalam shalat, dan paling banyak ketahui orang. Terutama bagi anak-anak yang baru belajar melaksanakan shalat. Maka doa ini wajib dihapal dan dibaca setiap shalat.

Berikut doa iftitah dalam lafaz arab


اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِىَ لِلَّذِى فَطَرَ السَّمَوَ اتِ وَالْاَرْضَ حَنِيفًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِ كِيْنَ اِنَّ صَلاَتِى وَنُسُكِى وَمَهْيَايَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ اُمِرْتُ وَ اَنَا اَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ

Lafaz doa iftitah dalam tulisan bahas Indonesia


Innii wajjahtu wajhiya lil ladzii fathoros samaawaati wal ardho haniifam mushlimaw wamaa ana minal musyrikiin, innaa sholaatii wanusukii wamahyaaya wamamaatii lillahirabbil aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimin.

Arti doa iftitah dalam bahasa Indonesia

Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam keadaan tunduk dan aku bukanlah dari golongan orang orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, sesembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya. Dan dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah orang yang pertama berserah diri.

Keutamaan membaca doa iftitah dalam shalat

Walaupun doa iftitah bersifat sunnah, namun shalat anda tidak akan sempurna tanpa membaca doa iftitah, oleh karena itu, beberapa orang menganggap doa ini wajib. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda bahwa:

“Shalat seseorang tidak sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah dan menyanjungnya kemudian membaca Al quran yang mudah baginya.” (HR. Abu Daud dan Hakim)

Tuntunan membaca doa iftitah bagi yang belajar shalat

1. Setelah takbir pertama mengucapkan Allahu Akbar, baca doa iftitah ini dengan suara lirih. Pelan saja. Suara tidak dibesarkan seperti membaca surah al fatihah pada saat shalat magrib.
2. Doa iftitah dibaca pada rakaat kedua kalau anda lupa membacanya pada rakaat pertama.

Akhir kata

Dengan keterbataasan pengetahuan penulis, jika ada kesalahan dalam artikel ini silahkan diberikan komentar pada kolom komentar yang sudah tersedia.

Demikian penjelasan mengenai tuntunan dan keutamaan membaca doa iftitah dalam shalat.

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan ke sosial media dan save juga di Pinterest anda.

doa-iftitah-umum-pendek-dalam-shalat-fardhu-sunnah


This post have 0 comments


Next article Next Post
Previous article Previous Post