Materi Ceramah: 10 Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Materi Ceramah: 10 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan


Izzul Islam. Jika diibaratkan tamu, Maka Bulan Ramadhan adalah tamu yang paling agung dan paling mulai yang akan mengunjungi umat islam.  Ramadhan adalah tamu yang selalu dinanti kehadirannya dan disesalkan kepergian-nya, namun setiap tamu tentunya pasti berlalu oleh karena memanfaatkan bulan Ramadhan sebaik-baiknya adalah keutamaan bagi seorang muslim. Mengapa bulan Ramadhan begitu dimuliakan oleh Kaum Muslimin, karena ada banyak keutamaan yang ada di dalamnya dan sesungguhnya Ramadhan jauh lebih baik dibandingkan seribu bulan.


1. Ramadhan adalah Bulan Diturunkannya Al-Qur'an 


شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu maka hendaklah ia berpuasa, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah: 185)
(Beberapa hari itulah) Bulan Ramadhan, Bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an (Awal Pertama Al-Qur'an diturunkan) sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan menjadi pembeda (Antara yang hak dan yang Bathil). Petunjuk yang diberikan kepada manusia yang isi dan keabsahan di dalamnya di jamin langsung oleh Allah SWT sehingga Al-Qur'an pasti berlaku untuk setiap masa dan setiap zaman.

Imam Ibnu Katsir Rahimahullah memberikan gambaran mengenai pujian yang diberikan Allah SWT kepada bulan Ramadhan sehingga bulan tersebut dijadikan sebagai waktu dimana wahyu pertama turun. Adapaun wahyu pertama yang turun bukanlah perintah beribadah melainkan perintah untuk membaca.

2. Perintah Puasa diwajibkan Pada Bulan Ramadhan


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Perintah puasa dijatuhkan pada bulan Ramadhan, bulan dimana pahala dilipatgandakan, sehingga kaum muslimin dan muslimah yang berpuasa akan mendapatkan ganjaran yang setimpal berupa surga.

3. Ramadhan waktu dimana Pintu Surga di buka Lebar sedangkan Pintu neraka ditutup.


Rasulullah SAW bersabda :

إذا دخل شهر رمضان فتحت أبواب السماء و غلقت أبواب جهنم و سلسلت الشياطين

“ apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu – pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim ).

Tentu saja, pada bulan ini mereka yang masih hidup tidak bisa masuk surga, karena syarat pertama masuk Surga adalah mati, Bahkan Nabi Idris AS pun dimatikan terlebih dahulu agar bisa mengunjungi surga, namun yang beberapa ulama berpendapat bahwa arti kata pintu surga dibuka lebar-lebar adalah penjelasan mengenai waktu utama di bulan Ramadhan yang sangat mudah mendapatkan pahala dan terhindar dari dosa, sebab Iblis dibelenggu sehingga umat manusia tidak rusak ibadah puasanya selama bulan Ramadhan.


4 . Diampuninya Dosa-Dosa Di Bulan Ramadhan


Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

من صام رمضان إيماناً واحتساباً غُفر له ما تقدم من ذنبه

“barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu “ (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits lain beliau bersabda :

رغم أنف رجل دخل عليه رمضان ثم انسلخ قبل أن يغفر له

“celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni “ (diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad).

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari tentunya manusia tidak luput dari kesalahan dan Bulan Ramadhan adalah waktu yang paling baik untuk bertobat kecuali sebagian dosa besar seperti Syirik dan Kafir tidak akan diampuni oleh Allah SWT kecuali dengan Taubatan Nasuha.

5 Dilipat Gandakan Pahala Pada Bulan Ramadhan


Rasulullah shallallah alaihi wa sallam bersabda :

عمرة في رمضان تعدل حجة

“ pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim ), Dalam riwayat Muslim disebutkan “……..menyamai pahala ibadah haji bersamaku “

Ibnu Rajab rahimahullah menjelaskan bahwa ( Abu Bakar bin Abi Maryam menyebutkan bahwa banyak gurunya yang berkata: apabila telah datang bulan Ramadhan maka banyak-banyaklah berinfaq, karena infaq pada bulan Ramadhan dilipat gandakan bagaikan infaq fi sabilillah, dan tasbih pada bulan Ramadhan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain )

6 Lailatul Qadar Ada Di Bulan Ramadhan

Lailatul Qadr adalah malah kemuliaan bagi muslimin, malam di mana akan tiba pada malam ganjil di sepuluh malam terakhir.  Malamyang di dalamnya terdapat banyak baraqah dan kemuliaan bahkan satu malam pada mala tersebut lebih baik dari seribu bulan. Spserti pada yang Allah SWT telah sampaikan dalam Al-Qur'an

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ
وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ .
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ
تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ
سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“ Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar “ ( Al Qadr : 1-5 )

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

إن هذا الشهر قد حضركم و فيه ليلة خير من ألف شهر من حرمها فقد حرم الخير كله

“ sesungguhnya bulan (Ramadhan) telah dating kepada kalian, di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang tidak mendapatinya maka ia telah kehilangan banyak sekali kebaikan “ ( diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan dihasankan oleh Al Mundziry )

7  Diutamakan untuk ber-I’tikaf Di Bulan Ramadhan


أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ عَلِمَ اللهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ فَالآنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللهُ لَكُمْ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوْا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ وَلاَ تُبَاشِرُوْهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُوْنَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُوْدُ اللهِ فَلاَ تَقْرَبُوْهَا كَذَالِكَ يُبَيِّنُ اللهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ (١٨٧)

187. Dihalalkan bagi kalian (kaum Muslimîn yang sudah menikah) pada malam hari di bulan Ramadhân bersetubuh dengan isteri-isteri kalian; mereka (isteri-isteri kalian) adalah pakaian bagi kalian, dan kalian (kaum Muslimîn yang sudah menikah) pun adalah pakaian bagi mereka (bagi isteri-isteri kalian). Allâh mengetahui bahwasanya kalian (kaum Muslimîn yang sudah menikah) tidak dapat menahan nafsu kalian, oleh karena itu Allâh mengampuni kalian dan memberi ma'af kepada kalian. Maka sekarang setubuhilah mereka (isteri-isteri kalian), dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allâh untuk kalian, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu Fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa kalian itu sampai (datang) malam hari; dan janganlah kalian (kaum Muslimîn yang sudah menikah) menyetubuhi mereka (menyetubuhi isteri-isteri kalian), sedangkan kalian beri'tikaf[1] di dalam Masjid. Itulah larangan-larangan Allâh, maka janganlah kalian mendekatinya. Demikianlah Allâh menerangkan Ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.

Anas radhiallahu anhu berkata :

“ adalah Nabi shallallahu alaihi wa sallam beri’tikaf pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, sampai beliau wafat, kemudian istri – istri beliau pun beri’tikaf setelahnya “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

8 Puasa Ramadhan Lebih Utama dari Mati Syahid

Pada masa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ada sebuah kejadian dimana dua orang dari bani Qudha’ah yang masuk islam, kemudian salah seorang dari mereka mati syahid, sementara yang satunya wafat setahun kemudian, salah seorang sahabat bernama Thalhah bin Ubaidillah radhiallahu anhu berkata : aku bermimpi melihat surga, lalu aku melihat orang yang wafat setahun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yang mati syahid, akupun terheran - heran, maka tatkala pagi hari aku memberitahu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliaupun bersabda :

أليس قد صام بعده رمضان و صلى ستة آلاف أو كذا و كذا رعكة صلاة سنة

“ bukankah setelah itu ( dalam waktu setahun ) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat ? “ ( diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani )


9 Bulan Ramadhan Bulan Ibadah Dan Amal Kebaikan

Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda :

من قام رمضان إيمانا و احتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

“ barangsiapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

Inilah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, apabila telah memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, beliau menghidupakan bulan Ramadhan semakian mendekati pada akhir Ramadhan menuju Syawal. Beliau menjadi jauh lebih dramawan di bulan Ramadhan padahal pada bulan-bulan biasa saja tidak ada yang sanggup mengalahkan kedarmawanannya.

10 Bulan Ramadhan merupakan Bulan Penuh Berkah, Rahmat, Dan Mustajabnya Doa

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

أتاكم رمضان شهر مبارك

“ telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah ….. “ ( diriwayatkan oleh An Nasai dan dishahihkan oleh Albani )


Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

إذا دخل شهر رمضان فتحت أبواب الرحمة و غلقت أبواب جهنم و سلسلت الشياطين

“ apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu – pintu rahmat, sedangkan pintu – pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dan ini adalah lafadz Muslim )

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

إن لكل مسلم في كل يوم و ليلة – يعني في رمضان – دعوة مستجابة

“ sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab “ ( diriwayatkan oleh Al Bazzar dan dishahihkan oleh Albani )

Materi Kultum: 10 Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

0 Response to "Materi Ceramah: 10 Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan"

Posting Komentar